January 4, 2010

Tahun Baru, Pesta Kembang Api, dan Pemanasan Global

Tahun baru...

Tahun baru 2010 sudah datang. Banyak orang yang menyambutnya dengan meriah, penuh suka cita, dan segala macam kemeriahannya. Yah... memang dapat dikatakan setiap pergantian tahun pasti tiap-tiap negara bahkan sampai ke pelosok daerah akan merayakannya dengan caranya tersendiri.

Namun yang sering dilakukan yaitu merayakannya dengan pesta kembang api. Dari tahun ke tahun, pesta kembang api selalu dilakukan setiap perayaan tahun baru, bahkan tiap-tiap daerah ataupun negara yang melakukan perayaan tahun baru dengan pesta kembang api seakan-akan berlomba-lomba untuk menampilkan atraksi kembang api yang mewah dan megah.

Tapi selama setahun terakhir ini, tanpa saya sadari dan entah dari mana munculnya pemikiran saya ini. Saya berpikir bahwa selain membuang-buang uang, bukankah asap dari kembang api juga dapat menambah bumi semakin panas. Yang ujung-ujungnya pasti ke PEMANASAN GLOBAL...

Mengapa saya berpikiran demikian, sebab saya pikir asap dari kembang api juga termasuk dalam gas CO2 alias gas karbondioksida. Nah menurut berita-berita yang merebak saat ini, kadar gas ini sudah sedemikian banyaknya di angkasa sehingga sulit untuk keluar dari bumi ataupun diuraikan. Sehingga menyebabkan bumi semakin panas. Kalupun gas tersebut dapat diuraikan kembali membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Ditambah lagi ketika perayaan tahun baru, terdapat juga pawai-pawai kendaraan bermotor, entah itu roda dua ataupun yang lain. Telah diketahui juga bahwa polusi asap kendaraan bermotor juga turut andil dalam terjadinya global warming ini.

Memang sih saya sendiri tidak tahu menahu benar tidaknya pemikiran saya ini, dan juga saya tidak tahu seberapa besar polusi asap kembang api pada setiap perayaan tahun baru berdampak terhadap pemanasan bumi. Serta saya juga tidak tahu apakah hal ini termasuk masalah yang sepele jika dibanding dengan penyebab pemanasan global lainnya (efek rumah kaca, polusi asap kendaraan bermotor, dll).

Namun disini saya hanya ingin berbagi pemikiran saja. Disini saya juga tidak melarang jika anda ingin merayakan pergantian tahun dengan pawai ataupun pesta kembang api. Tapi  semua kembali ke pemikiran anda juga, jika pemikiran saya ini salah, saya mohon maaf. Namun jika anda memiliki pemikiran yang sama ataupun hampir sama mungkin kita perlu berpikir kembali bagaimana cara yang baik untuk dapat tetap merayakan malam tahun baru dengan meriah namun tetap memikirkan efek yang baik kepada lingkungan terutama bumi kita..

:$ Lihat Postingan yang lain yuk :$



6 comments:

Saung Web said...

betul juga ya sob.. kok kayaknya lebih besar mudorotnya dari pada menfaatnya ya..
met tahun baru juga ya.. maaf telat nih

Dodi Permana said...

karenanya kita perlu ari alternatif cara perayaan tahun baru yang tetep asyik juga tetap memperdulikan lingkungan....

Saung Link said...

Hai sob.. lagi ngapain nih.. tentang cara bikin widget link partner dah saya posting disini. semoga bermanfaat

Saung Link

Saung Web

Dodi Permana said...

Siiip mo ke TKP, n nyobain...

Prabowo Murti said...

Selain itu juga berisik :(

aodoyz said...

Setujuu be,, ge,, te,, bangettz

Post a Comment