August 27, 2009

Teknik Penyuntikan pada Ikan

Bagi orang awam membaca judulnya saja mungkin sudah terheran-heran. Mungkin akan muncul pertanyaan seperti "masak sih??" atau "hah, ikan disuntik!!". Sebenarnya itu wajar saja, karena mereka benar-benar tidak tahu. Tapi bagi para pembudidaya ikan terutama para pembenih ikan hal ini sudah mereka kenal sejak lama. Terlebih jika anda seorang praktisi budidaya, anda pastinya lebih tahu lagi kegunaan dan berbagai macam tujuan dalam penyuntikan pada ikan.

Sebenarnya penyuntikan pada ikan ada berbagai cara. Berikut merupakan cara atau metode dalam penyuntikan pada ikan :

Penyuntikan secara intramuscular,
Penyuntikan dengan cara ini lebih dikenal dengan penyuntikan pada punggung karena memang cara melakukannya yaitu menyuntik pada tubuh ikan tepat pada bawah sirip punggungnya. Cara penyuntikan ini lebih sering digunakan oleh para petani terlebih kepada orang yang baru belajar menyuntik ikan.

Penyuntikan secara intraperitoneal,
Penyuntikan dengan cara ini dilakukan dengan menyuntik ikan pada bagian rongga perut. Sasaran utama dari penyuntikan dengan metode ini yaitu gonad ikan. Namun penyuntikan ini memiliki kelemahan yakni jika dilakukan oleh orang yang masih awam dikhawatirkan akan mengenai organ dalam pada tubuh ikan seperti usus, sehingga akan menyebabkan ikan stress bahkan mati.

Penyuntikan secara intracranial,
Penyuntikan ini dilakukan pada rongga otak. Karenanya perlu dilakukan dengan cara yang sangat hati-hati. Bila tidak maka ikan akan mati

Penyuntikan intravena,
Cara yang satu ini lebih jarang dilakukan karena ikan disuntik pada bagian pangkal ekor. Umumnya metode ini dilakukan untuk mengambil sampel darah ikan.

Penyuntikan pada ikan umumnya dilakukan karena beberapa hal, seperti untuk mempengaruhi kerja hormonal tubuh ikan agar lebih cepat matang gonad atau ovulasi, penyuntikan untuk pencegahan maupun pengobatan suatu penyakit, atau pun tujuan-tujuan lainnya. Yang perlu diperhatikan dalam penyuntikan adalah ukuran ikan yang akan disuntik, jenis ikan (hias/konsumsi), ukuran alat suntik (syringe), dan jumlah cairan yang akan disuntikkan.

Tahapan terakhir setelah penyuntikan yaitu cara penanganan ikan pasca penyuntikan. Ikan yang disuntik tentunya akan mengalami stress akibat perlakuan suntik yang diberikan padanya karenanya perlakuan penanganan sesudahnya perlu dipersiapkan dan dilakukan dengan hati-hati agar ikan cepat kembali normal.

 Semoga bermanfaat, oiyaa...jgn lupa kasih koment ya, thanks

:$ Lihat Postingan yang lain yuk :$



0 comments:

Post a Comment