April 5, 2011

Ngurus Perpanjangan SKCK

Klo kemaren-kemaren gw dah ngeposting gimana cara ngurus SKCK :), nah sekarang gw sedikit mau share gimana cara ngurus perpanjangannya. Intinya sih sama aja kayak waktu mau bikin SKCK baru, ada beberapa syarat-syarat yang harus dilengkapi dulu :o.

Nah ini syarat-syaratnya klo mau perpanjang SKCK :
1. Bikin surat pengantar dari kelurahan setempat. Ini penting nih klo gak, bisa-bisa disuruh pulang lagi klo kita belum bikin atau ketinggalan, so jangan sampe lupa ;) ;).

2. Bawa SKCK asli kita yang masih berlaku atau dah habis masa berlakunya juga gak apa-apa. Jadi meskipun SKCK kita dah habis masa berlakunya jangan dibuang :o, tapi simpen aja dulu siapa tahu kita butuh buat diperpanjang nantinya :$.

3. Bawa fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan fotokopi KTP yang masih berlaku. Klo cuma mau ngurus SKCK atau perpanjangannya cukup 1 aja, tapi klo mau buat cadangan dirumah atau yang lainnya 10 juga boleh, :D : D.

4. Terakhir, bawa foto berwarna terbaru ukuran 4x6 sebanyak 3 lembar. Gak usah ukuran postcard, tapi juga jangan kekecilan, jadi percuma karena gak bakal dibutuhin ;).

Nah klo syarat-syaratnya dah komplit, tinggal langsung meluncur ke polres setempat. Ngurusnya gak lama kok, yang penting semua kelengkapannya udah terpenuhi, oiyaa..jangan lupa juga bawa biaya administrasinya Rp. 20.000 + Rp 1.000 (buat fotokopi 5 lembar).

Ok deh selamat mengurus SKCK-nya ya.
Jangan lupa kasih komentar yaa,thanks :) ;).

:$ Lihat Postingan yang lain yuk :$



23 comments:

Anonymous said...

hehehh thanks... banget ya

Danielz said...

ok,,sangat membantu ;)

Dicky said...

Makasi bro

otto-x said...

wah memperpanjang kirain cuma membawa SKCK asli doank.. ternyata pake pengantar juga

aodoyz said...

@Danielz,@Dicky = sama-sama bro :)
@otto-x = emang harus bawa bro..pengalaman ane soalnya, sekalian daripada bolak-balik ;)

Anonymous said...

kalau mau memperpanjang SKCK gk ikut orang nya bole gk??
bole gk cman ngirim KTP doank??

aodoyz said...

@Anonym = wahh ane gak tau gan klo diwakilin blh gak..coz biasanya ditanya-tanya lagi diperpanjang buat apa..tapi klo ada yang tahu boleh bantu share mungkin :) ;)

Anonymous said...

pada saat minta surat keterangan ke keluarahan apakah sebelum kesana harus ke RT dan RW lagi???

aodoyz said...

@Anonymous bener gan harus ke RT n RW dulu..coz pihak kelurahan sekarang gak mau klo gak ada pengantar dari RT n RW buat bikin pengantar perpanjangan SKCK...

Learning by doing... said...

tq tq, lagi job seeker ni

aodoyz said...

@Learning.. sama2 sob, gud luck buat nyari2nya ;)

Anonymous said...

gan eleeepp ..!
SKCK ane yg lama uda gx ad ntah kmna .. jadi gmn tu ngrus SKCK yg uda gx berlaku lagi .. deadline!! 4 hari lagi !!

aodoyz said...

@anonym... wahh, ane juga blm pernah tuhh :-o ..tapi waktu kemaren2 ane ngurus perpanjangan, klo SKCK dah gak berlaku, perlu surat pengantar dari kelurahan..nah klo ilang mungkin sama kya bikin baru kali tapi bawa semua syarat bikin baru n kartu sidik jari..mungkin sepertii itu, klo ada info dari bro n sis yang tahu bisa sekalian sharing.. :)

Anonymous said...

bro' kl skck yg asli udh buat ngelamar cpns, cz syarat nya harus yg asli.. tp photocopyan yg dilegalisir ada.. trs kl mau perpanjang bisa ga bawa yg photocopy yg udh dilegalisir itu.. thank u ya :)

Anonymous said...

skck ane udah abis masa berlakunya sejak 1,5 thn yang lalu,,

btw surat pengantarnta itu keperluannya untuk perpanjangan skck kan ya?

need info,,

aodoyz said...

@anonym... wah ane kurang tau bisa gaknya perpanjang cuma pake fotokopi legalisir, coz waktu itu ane baca peraturan di sananya kudu pake yg asli gan..

@anonym... yoi bro, surat keterangannya buat perpanjang SKCK, ntar pas ngurus di kepolisian baru ditanya SKCK-nya diperpanjang buat apa, klo ngelmar CPNS ya bilang ja buat lamar lowongan CPNS..

Aries Maulana said...

Bro katanya juga disuruh bawa kartu rumus sidik jari juga?

aodoyz said...

@Aries Maulana : Setau ane sih klo SKCK-nya blm mati gak perlu gan tuh kartu..

ari3f_hidayat said...

gan sksck ane masa berlakunya uda hbis smgu yg lalu , klo mau perpanjang perlu surat pngntar kelurahan gk..? mohon pncrahanya

aodoyz said...

@ari3f_hidayat : klo peraturannya belom berubah, wajib gan..thx dah mampir :)

Meldrix Siahaan said...

Masa berlaku SKCK saya sudah mati selama 4th yg lalu...apakah masih bisa diperpanjang gan?

aodoyz said...

Wah,, kurang tau juga deh,, klo dah selama itu. Mungkin msh bisa diperpanjang,, tp ttp butuh surat pengantar dari rt n kelurahan gan (buat jaga2 aja gan klo ntar dibutuhin di polresnya)

ademove said...

Thanks info nya gan..:-)

Post a Comment