November 15, 2011

Tips untuk Pencari Kerja Baru (Fresh Gradute)

Habis lulus sekolah atau kuliah, mau ngapain yaa.. :x mungkin sebagian besar orang akan menjawab nyari kerja, meskipun ada juga sih yang bikin usaha tapi buat di Indonesia hal itu (bikin usaha) masih sedikit banget yang terlaksana. yaahh..ada yang alesannya modallah, skill-nya masih kurang lah, atau apalah-apalah yang lain. Yang jelas opsi pertama dan kebanyakan orang adalah cari kerja (termasuk gw, hehehe).

Nah buat yang baru-baru alias banyak yang nyebut fresh graduate :$ :$ terkadang masih bingung mau kerja apa, trus klo dah lulus tes ngapain, dst. Mungkin disini gw cuma mau sedikit share aja dari pengalaman :) , intinya sih buat tips aja klo mau nyari kerja dan hal-hal apa aja yang harus diperhatikan sama temen-temen fresh graduate :

1. Jangan terlalu idealis, bukan berati gak boleh idealis juga ;) , misalnya latar belakang kita saat kuliah jurusan perikanan, jangan terlalu memilih lowongan yang perikanan doang, tapi coba-coba aja dulu bagian yang lain juga, yaaahh..itung-itung buat nambah pengalaman kerja (asal persyaratannya sesuai yaa :) ) tapi hal ini bukan menjadikan kita gak boleh milih lowongan kerja perikanan doang lho..

2. Jangan terlalu pemilih, bukan berarti juga asal ambil dan asal lamar pekerjaan :o Sebab nantinya pekerjaan yang kita lakuin yaa..harus kita nikmatin, klo gak malah jadi beban dan kerja jadinya males-malesan atau setengah hati..

3. Tanya klo gak tahu, nah ini juga penting..kya pepatah aja "malu bertanya, sesat dijalan, dan jadinya...nyasarlah..  :p ", maksudnya terkadang kita bingung yang kita lamar perusahaan apa (cari aja di om google mengenai tuhh perusahaan), posisi apa (namanya sih aneh-aneh :o ), kira-kira kerjaannya nanti ngapain, dll. Pokoknya tanya aja, ke temen, ortu, atau siapa ja (asal jangan orang gila yaa.. :D ).

4. Jangan mau ditipu, nah klo ini nyambung sama no. 3 di atas..contohnya klo di iklan disebutin masalah gaji dan nilainya gede jangan langsung percaya, syukur klo bener klo gak, apess dehh.. :x :x terutama juga klo mau tanda tangan kontrak, jangan asal tanda tangan aja, pelajari dulu pasal per pasal & poin per poin, jangan sampe nyesel di terakhir-akhir. Liat status kita, dah jadi tetep atau kontrak (dari tanggal berapa sampe tanggal berapa), trus apa yang didapet (misalnya asuransi/tunjangan) trus dapet potongan apa ja & jangan lupa minta slip gaji per bulannya yaa ;) ;)

hmmm...apa lagi yaa :o :o mungkin segitu dulu kali yaa, tapi yang terpenting poin no. 4 tuhh..biar gak dirugiin kita nantinya..btw klo ada yang mau share boleh kok...

Thanks yaa..dah mampir, di tunggu koment-nya yaa.. ;) :)


:$ Lihat Postingan yang lain yuk :$



0 comments:

Post a Comment