March 10, 2012

Ikan Hias

Seneng yaa..klo punya akuarium sendiri, banyak ikan-ikan hias yang warna warni ditambah lagi klo akuariumnya dihias sama ornamen-ornamen pendukung (tanaman air, kayu hias, batu koral, dll), pastinya bikin tambah segerrr ngeliatnya.. :$ :$

Mungkin beberapa orang sudah banyak yang tahu tentang ikan hias, termasuk anda. Tapi disini saya cuma mau share aja yang saya tahu tentang jenis ikan hias (otomatis yang saya tahu juga :D :p ).


1. Ikan Mas Koki
Banyak orang yang suka ikan ini karena lucu bentuknya, cerah warnanya, dan banyak jenisnya. Jenis ikan ini cenderung tenang pergerakannya, dan umumnya bersahabat dengan ikan lainnya (tidak suka menyerang). Ikan ini termasuk omnivora (klo gak salah  :p ), jadi untuk makanannya pun bisa diberi pellet/cacing sutra.

Oiyaa..untuk membedakan antara jantan atau betina, dapat dilihat dari bentuk badannya, umumnya sang betina cenderung lebih gemuk dari yang jantan. Tetapi klo dengan cara itu terkadang masih banyak orang yang susah membedakannya  :o :o ada cara lain untuk membedakannya yakni dengan meraba sirip pectoralnya (sirip dekat insang), klo jantan biasanya agak kasar atau bergerigi sedangkan yang betina umumnya halus dan tidak bergerigi..

2. Ikan Cupang
Wahh..ikan yang satu ini sudah cukup sangat sangat sangattt terkenal, bahkan masuk juga salam salah satu komoditi ikan hias untuk di ekspor. Ikan ini memiliki bentuk yang khas dari masing-masing jenisnya. Begitu juga untuk corak warnanya, cukup beragam dan banyak ;) ;)

Namun sayangnya, untuk jenis ikan ini tergolong agresif (menyerang ikan lain), jadi kurang cocok jika dicampur dengan ikan-ikan lain yang cenderung tenang dalam satu akuarium. Untuk makanannya, ikan ini sebenernya omnivora, tapi disarankan memberi makan seperti cacing sutera/encu merah :o :o Selain baik untuk mempercerah warna, ikan pun cenderung lebih suka. Mengenai perbedaan jantan dan betina, biasanya ikan jantan memiliki corak warna yang lebih bagus dan terang dari sang betina, memiliki sirip yang lebih panjang dan menarik, dan tidak segemuk sang betina.

3. Ikan Plati
Ikan ini banyak sekali jenisnya, seperti ikan koral (yang sering dijadikan umpan), ikan platy pedang, dll. Namun dari itu semua mereka memiliki banyak kesamaan, yakni seperti suka bergerombol, dan mereka melahirkan anaknya :o :o

Ikan ini cenderung tenang sama seperti ikan mas koki, tidak agresif. Bertipe omnivora juga. Jadi klo mau dicampur dengan ikan lainnya dalam satu akuarium tidak jadi masalah. Cara membedakan jantan betinanya yakni ikan jantan memiliki gonopodium (perpanjangan dari sirip anal, dekat anus), gunanya untuk memasukkan sperma jantan ke ikan betinanya.

Sebenernya masih banyak jenis ikan hias yang mau saya share, tapi buat sementara ini dulu yaa.. ;) biar postingnya gak terlalu panjang :x :p tunggu posting lanjutannya yaa.. ;)

Yang mau nambahin keterangan lainnya juga boleh,,ditunggu malah koment-nya..
oiya..sumber foto dari berbagai tempat, thanks yaa..


:$ Lihat Postingan yang lain yuk :$



0 comments:

Post a Comment